Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

 

PATANGPULUHAN - Jum’at, 1 Oktober 2021 merupakan salah satu hari bersejarah bagi indonesia. Yang mana pada hari ini ditetapkan menjadi Hari Kesaktian Pancasila. Lahirnya Hari Kesaktian Pancasila di latar belakangi oleh tragedi serangan G30S PKI yang terjadi pada 30 September 1965. Yang mana pada tragedi serangan tersebut indonesia kehilangan 7 pahlawan nasional yang gugur dibunuh oleh PKI. Maka dari itu, Hari Kesaktian Pancasila lahir untuk mengenang jasa 7 pahlawan nasional yang telah gugur tersebut.

Kemantren Wirobrajan mengadakan upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila. pada upacara tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai Kemantren Wirobrajan dan dilaksanakan di Aula Kemantren Wirobrajan. selain itu juga diwajibkan untuk seluruh pegawai kelurahan di Wirobrajan yaitu Kelurahan Pakuncen, Kelurahan Wirobrajan, dan Kelurahan Patangpuluhan untuk ikut hadir pada upacara tersebut.

Pada pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini dilakukan secara virtual atau daring. Tidak seperti pada tahun-tahun sebelumya, yang mana setiap upacara dilaksanakan secara langsung dan bersama-sama di lapangan. Dalam upacara tersebut seluruh pegawai kemantren dan kelurahan mengikuti secara virtual melalui siaran langsung youtube pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.