Festival Grojogan Tanjung Winongo Cultural Park Kelurahan Patangpuluhan

WIROBRAJAN — Festival Grojogan Tanjung Winongo Cultural Park adalah serangkaian acara yang diselenggarakan pada hari Minggu, 03 Juli 2022 di Bantaran Sungai Winongo yang terletak di Kelurahan Patangpuluhan sebagai sarana memperkenalkan salah satu destinasi wisata baru di tengah kota Yogyakarta. Gelaran Festival GTW diawali dengan senam aerobic Bugar Mandiri Club (BMC) pada pukul 06.00 WIB s/d 07.30 WIB. Acara dilanjutkan dengan pembukaan Festival Grojogan Tanjung Winongo Cultural Park yang dibuka oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan, Sarwanto, S.I.P, M.M pada pukul 08.00 WIB.

Pada festival tersebut diselenggarakan beberapa rangkaian kegiatan, seperti lomba mewarnai dan menggambar, dolanan tradisional anak, dan pentas seni anak. Acara puncak diakhiri dengan pentas seni Barongan Kelurahan Patangpuluhan dan soft opening destinasi wisata Grojogan Tanjung Winongo.

Turut hadir dalam soft opening tersebut GKR Bendara, anggota DPRD DIY, anggota DPRD Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan bersama Ibu Ketua TP PKK Kemantren Wirobrajan, Lurah Kel. Patangpuluhan, Kapolsek Wirobrajan, Danramil 10/WB, Kepala Jawatan Kemakmuran Kemantren Wirobrajan, Kepala Jawatan Keamanan Kemantren Wirobrajan, Babinsa Kel. Patangpuluhan, Bhabinkamtibmas Kel. Patangpuluhan, BKO Pol PP Kemantren Wirobrajan, Puskesmas Wirobrajan, Ketua RW 01 sd 10 Kel. Patangpuluhan, serta masyarakat Kelurahan Patangpuluhan.

Soft opening dilakukan secara simbolis dengan memainkan mainan tradisional othok othok yang dipimpin oleh GKR Bendara kemudian diikuti oleh para tamu yang hadir. untuk memperkenalkan destinasi wisata baru di Kelurahan Patangpuluhan.

Ketua Badan Pengelola Destinasi Grojogan Tanjung Winanga (GTW) Muhammad Singgih Widodo mengatakan, bahwa festival diselenggarakan untuk memperkenalkan destinasi wisata baru di Kalurahan Patangpuluhan sebagai kampung wisata yang menyuguhkan berbagai potensi warga, serta berbagai kuliner dan spot foto sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar. (fuad)